Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Minggu, 17 Maret 2013

Jasa Les Privat SD | Biro Jasa Guru Les Privat SD ke Rumah


Jasa LesPrivat SD | Biro Jasa Guru Les Privat SD ke Rumah - Cara Agar Anak SD Rajin Belajar di Rumah >>>   Meskipun anak sudah belajar di sekolah, sebagai orang tua, Anda tetap mengawasi anak agar mau belajar di rumah. Belajar kembali di rumah membantu agar anak mampu mengulang pelajaran yang sudah diberikan dan juga melengkapi tugas-tugas yangdiberikan. Tidak mudah memang membujuk anak untuk mau belajar di rumah, beragam godaan seperti bermain dan menonton televisi sering menjadi senjata anak untuk menolak permintaan Anda. Nah, agar anak mau belajar, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

1. Ciptakan suasana nyaman

Buatlah suasana yang nyaman untuk anak belajar. Matikan siaran televisi dan jauhkan anak dari tumpukan mainan yang bisa membuatnya tertarik. Jangan lupa siapkan meja belajar untuk anak anda. Bahkan kalau perlu siapkan papan tulis dan boardmarker di rumah.

2. Jangan bujuk dengan imbalan

Biasakan untuk tidak menyuruh anak belajar karena imbalan hadiah tertentu. Berikan pengertian pada mereka mengenai imbas jika mereka malas untuk belajar. Sehingga benar-benar tertanam kesadaran pada diri mereka akan manfaat dan pentingnya belajar. Dengan begitu mereka akan tulus dan ikhlas belajar.

3. Pahami konsep belajar

Sebagai orang tua, Anda harus mengerti bahwa anak sudah seharian belajar di sekolah dengan suasana formal. Saat di rumah, hendaknya ciptakan suasana yang tidak kaku, namun tetap kondiusif. Biarkan anak memilih lokasi seperti di taman rumah, teras rumah dan memilih waktu yang mereka inginkan.

4. Sesuaikan gaya belajar

Orangtua harus mengenali lebih dahulu gaya belajar anak seperti apa. Konsep belajar anak pada dasarnya dapat dibedakan secara visual, kinestetik atau auditori. Anak-anak dengan kemampuan visual menonjol, cenderung lebih mudah disuruh membaca ketimbang tanya jawab.
Sebaliknya, anak-anak auditori lebih suka cara belajar dengan tanya-jawab dan diskusi. Sedangkan anak-anak kinestetik tidak akan betah  disuruh duduk diam mereka suka belajar di tempat-tempat yang bebas dan menyenangkan.

5. Buat suasana kondusif

Suasana kondusif sangat diperlukan oleh anak SD saat belajar di rumah. Sebaiknya, saat Anda menyuruh anak untuk belajar, Anda jangan menonton televisi atau mengobrol dengan anggota keluarga lainnya. Diam dengan membaca buku juga bisa dilakukan agar anak tetap fokus. -
Jasa Les Privat SD | Biro Jasa Guru Les Privat SD keRumah

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll